“Collaborating and Inspiring”

Latar belakang kunjungan:

  1. United Kingdom (UK) merupakan Negara yang kurikulumnya banyak dipakai oleh sekolah-sekolah SPK di Indonesia melalui beberapa provider yaitu antara lain Oxford dan Pearson. 
  2. Undangan dari Perkumpulan Pelajar Indonesia UK untuk penandatanganan MOU UK-Indonesia School Partnership Programme yang telah berhasil mensukseskan kolaborasi antara 3 sekolah SPK Indonesia (Manado Independent School, Kanaan Global School Jambi dan Global Jaya School Tangerang Selatan) dan 3 sekolah internasional di UK (International Community School London, Myddleton College dan Adcote School for Girls)

Tujuan kunjungan:

  1. Mempelajari lebih dalam mengenai kurikulum UK dan program pelatihan/pengembangan profesionalisme serta metode penilaian yang dipakai oleh Lembaga Pendidikan Asing (LPA) yang berasal dari UK, dalam hal ini Oxford dan Pearson. 
  2. Mengetahui lebih jauh mengenai  sekolah-sekolah di UK yang berkolaborasi dengan sekolah-sekolah SPK di Indonesia dengan melakukan kunjungan langsung ke sekolah-sekolah yang bersangkutan
  3. Untuk menghadiri penandatanganan MOU UK-Indonesia School Partnership Programme antara 3 sekolah SPK Indonesia (Manado Independent School, Kanaan Global School Jambi dan Global Jaya School Tangerang Selatan) dan 3 sekolah internasional di UK (International Community School London, Myddleton College dan Adcote School for Girls)
  4. Menjalin kekerabatan dengan PPI UK

UK-Indonesia School Partnerships Programme adalah sebuah inisiatif yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia di UK (PPIUK) bekerjasama dengan Perkumpulan Sekolah SPK Indonesia dan didukung oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di London. Program rintisan ini menandai perayaan Hari Pendidikan Nasional dengan menaruh harapan besar pada perkembangan pendidikan yang lebih progresif. Enam sekolah terlibat dalam program perdana ini dan berkomitmen untuk berbagi kepada sekolah-sekolah lokal di tiga kabupaten/kota. KGS Jambi berpasangan dengan Myddleton College akan memberikan pelatihan kepada kepala sekolah SMP se-Kota Jambi. International Community School, London dan Manado Independent School akan memberikan pelatihan guru di Kapubaten Minahasa Utara. Sedangkan Global Jaya School dan Adcote School, Birmingham akan menyediakan workshop tentang pendidikan karakter bagi guru-guru di Tangerang Selatan.

Kerjasama ini berlangsung setahun dan diharapkan terus berlanjut dan berkesinambungan. Akuntabilitas pelaksanaan akan dipublikasikan tahun depan dan akan menampilkan cerita kesuksesan serta evaluasi masing-masing sekolah untuk peningkatan desain program pada tahun berikutnya. Program ini diharapkan mampu mengakomodasi lebih banyak lagi sekolah untuk berkolaborasi dan meningkatkan dampak pendidikan bagi masa depan.

Penandatanganan MOU
UK-Indonesia School Partnerships Programme

Penandatanganan MOU telah berhasil dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2019 yang merupakan Hari Pendidikan Nasional di Kampus Internasional Community College, London dengan dihadiri oleh Atache Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Amin Aminuddin mewakili Duta Besar RI untuk UK, Ketua PSSI, Ketua PPI UK serta perwakilan dari 6 sekolah yang berpartisipasi.

Kegiatan ini juga didukung secara resmi oleh Dinas Pendidikan setempat yang membawahi wilayah 3 sekolah yang berpartisipasi (dilampirkan dalam laporan ini) yaitu dalam:

  1. Surat Dinas Pendidikan Kota Jambi No.: 800/989/DISDIK/2019 tanggal 23 April 2019
  2. Surat Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Utara No.: 800/disdik/383/IV/2019 tanggal 23 April 2019
  3. Surat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan : 800/1817 – Sekret tanggal 25 April 2019
Global Jaya School dan Adcote School for Girls
Manado Independen School dan ICS London
KGS Jambi dan Myddleton College

Pertemuan dengan Pearson 

Pertemuan antara pengurus Perkumpulan Sekolah SPK Indonesia dan perwakilan Pearson, David Albon di Kantor Pusat Pearson London untuk membicarakan program kolaborasi antara 2 institusi dalam pengembangan sumber daya manusia khususnya untuk tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah-sekolah SPK Indonesia. Mr. Albon juga menjelaskan mengenai program-program baru dan unggulan dari Pearson, khususnya untuk sekolah-sekolah internasional dan rencana ke depan untuk sekolah-sekolah SPK di Indonesia 

Pertemuan dengan Oxford

Pertemuan Pengurus Perkumpulan Sekolah SPK Indonesia dengan Oxford AQA Leadership team di kantor pusat Oxford University Press – Oxford, United Kingdom pada 30 April 2019. Dalam pertemuan ini PSSI dan Oxford AQA membahas peran serta dua institusi bagi perkembangan SPK di Indonesia terutama dalam aspek proses pembelajaran, assessment dan evaluasi. Pihak Oxford juga menyampaikan bahwa akan dibuka kantor perwakilan di Indonesia untuk memberikan dukungan penuh terhadap sekolah-sekolah SPK di Indonesia serta kolaborasi aktif dengan PSSI

CEID Seminar: The Complexity of Education in Indonesia: Potentials and Challenges

Atas undangan KBRI, pengurus PSSI menghadiri CEID Seminar: The Complexity of Education in Indonesia: Potentials and Challenges pada tanggal 2 Mei 2019 di University College London dengan Atache Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Aminudin Aziz, ​Ms. Elisa Brewis dan Ms. Dorothy Ferary (UCL Institute of Education), serta Prof. Kieron Sheehy (Open University) sebagai narasumber.

Para Narasumber:

  • Profesor Aminudin Aziz (Atase Pendidikan dan Kebudayaan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di London). Dia berbicara tentang pentingnya belajar bahasa Indonesia di sekolah sebagai bahasa yang menyatukan negara.
  • Elisa Brewis dan Dorothy Ferary (UCL Institute of Education). Mereka membicarakan tentang inklusivitas terkait dengan akses ke pendidikan tinggi di Indonesia.
  • Profesor Kieron Sheehy (Profesor Pendidikan dalam Pedagogi Inovasi, Universitas Terbuka). Dia berbicara tentang pendidikan inklusif di Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan pendidikan bagi para penyandang cacat.

Seminar ini dipimpin oleh Profesor Elaine Unterhalter (Profesor Pendidikan dan Pengembangan Internasional di IOE). Setelah paparan dari para panelis, sesi seminar kemudian dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab.

Dialog dengan Dewan Pertimbangan Presiden

Sehubungan dengan kunjungan kerja Dewan Pertimbangan Presiden ke London, UK, KBRI mengundang seluruh warga Negara Indonesia yang tinggal dan menetap di London untuk menghadiri dialog publik dengan Dewan Pertimbangan Presiden. Acara dibuka oleh Duta Besar RI untuk UK Bapak Dr. Rizal Sukma. Hadir mewakili PSSI adalah Haifa Segeir selaku Ketua PSSI. Acara ditutup dengan makan malam dan ramah tamah. 

Rencana PSSI kedepan sehubungan dengan program ini:

  1. Menjajaki program-program kolaborasi dengan lebih banyak sekolah-sekolah internasional di UK maupun Negara-Negara lainnya yang memiliki keunggulan program kurikulum maupun praktek terbaik di program belajar mengajar dengan dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kemeterian Luar Negeri
  2. Melakukan sosialisasi atas program kolaborasi dengan lebih banyak sekolah-sekolah SPK di Indonesia agar lebih banyak sekolah mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan sekolah internasional dari Negara-Negara yang memiliki keunggulan
  3. Menjalin kerjasama dan kolaborasi dengan LPA-LPA yang melakukan kerjasama dengan sekolah-sekolah SPK Indonesia untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program keunggulan dan dukungan yang diberikan khususnya dalam program kurikulum dan pengembangan sumber daya manusia