Program S1 kelas Internasional

Program pendidikan UI yang memberikan pengalaman internasional dalam pembelajaranannya dan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di kelas. Bekerja sama dengan universitas mitra di luar negeri yang memiliki kompetensi sama atau lebih baik dari UI untuk menghasilkan lulusan yang dapat bersaing di era global.

Syarat: lulus Talent scouting/SIMAK KKI UI, mampu menggunakan bahasa Indonesia (khusus fakultas kedokteran), minimal TOEFL 500/IELTS 5,5 dan memiliki ijasah SMA Sederajat/Paket C/A-Leel/IB Diploma/ Ijasah penyetaraan kemdikbud bagi lulusan luar negeri. Dapat melalui jalur undangan talent scouting ataupun jalur ujian tulis SIMAK KKI UI.

Program Pendidikan S1 Pararel

Program pendidikan S1 Pararel adalah program pendidikan yang penyelengaraannya menggunakan kurikulum dan fasilitas sama yang menghasilkan kompetensi yang sama dengan kurikulum program regular. Pendaftaran program pendidikan ini tidak dibaasi tahun kelulusan. Calon mahasiswa dapat mendaftar masuk melalui jalur PPKB dan SIMAK UI.

Syarat: Lulus PPKB/SIMAK, Memiliki ijasah SMA Sederajat/Paket C/A-Level/IB Diploma/ Ijasah penyetaraan kemdikbud bagi lulusan luar negeri. Dapat melalui jalur undangan PPKB S1 Pararel atau jalur ujian tulis SIMAK UI.

Program D3

Program pendidikan D3 bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi tenaga ahli professional dalam bidang kerja tertentu sehingga dapat langsung diserap sebagai tenaga kerja di industri/swasta, lembaga pemerintah atau berwiraswasta secara mandiri. Pengajaran pada program pendidikan vokasi lebih mengutamakan ketrampilan dibandingkan dengan kuliah teori.

Syarat: Lulus PPKB/SIMAK, Memiliki ijasah SMA Sederajat/Paket C/A-Level/IB Diploma/ Ijasah penyetaraan kemdikbud bagi lulusan luar negeri. Dapat melalui jalur undangan PPKB Vokasi (D3) atau jalur ujian tulis SIMAK UI.

Program S1 Reguler

Program pendidikan yang seleksinya paling ketat. S1 reguler hanya menerima lulusan SMA/sederajat maksimal 3 tahun yang lalu pada tahun pendaftaran.

Syarat: lulus SNMPTN/SBMPTN. Lulusan SMA/Sederajat. Memiliki ijasah SMA Sederajat/Paket C. Dapat melalui jalur undangan SNMPTN atau jalur ujian tulis SBMPTN.

Untuk Seleksi undangan SNMPTN; siswa terpilih oleh sekolah asal berdasarkan hasil rapor calon mahasiswa yang telah dimasukan ke PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) secara online. Siswa yang dapat mengikuti program ini adalah peserta UN 2017. Peserta dapat memilik prodi yang ditawarkan oleh UI dan Perguruan Tinggi Negeri lainnya.

Sekolah SPK yang belum ditawarkan menerima undangan, dapat menghubungi http://penerimaan.ui.ac.id Bagi siswa yang diterima melalui jalur undangan, diwajibkan untuk menerima dan dianjurkan tidak ditolak. Hal ini disebabkan karena jika ada penolakan dari calon mahasiswa, maka sekolah ybs akan di black list untuk angkatan selanjutnya. Peran alumni yang telah masuk di UI juga sangat penting. Jika ditahun pertama tidak menunjukan prestasi yang memuaskan, maka besar kemungkinan ditahun yang akan datang sekolah tidak diberikan quota untuk undangan. (Dr. Capri Anjaya).