Berdirinya Perkumpulan Sekolah SPK Indonesia pertama kali digagas oleh beberapa sekolah SPK yang berkumpul pada tanggal 30 Agustus 2015 di SPK Singapore School Bona Vista yang pada saat itu juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini bermula dari keresahan para pemimpin atau pengelola sekolah SPK dalam melakukan penyesuaian sehubungan dengan dikeluarkannya Permendikbud No 31 Tahun 2014 tentang Kerjasama Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan oleh Lembaga Pendidikan Asing dan Lembaga Pendidikan di Indonesia, mengingat sekolah SPK memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Tidak adanya suatu wadah yang resmi dan sah membuat perjuangan sekolah SPK di Indonesia berlangsung secara sendiri-sendiri. Hal ini tentu menjadi kurang efektif dan efisien. Untuk sebuah permasalahan yang sama, Kemdikbud bisa jadi menerima pengaduan, usulan, konsultasi, atau audiensi dari ratusan SPK di Indonesia. Ditambah lagi dengan kendala jarak bagi SPK yang berada di luar Jakarta. Dalam hal ini tentu biaya perjalanan seharusnya dapat dihemat dengan meneruskan solusi untuk permasalahan yang sama yang sudah pernah dibahas.

Berkaca pada kondisi di atas, hasil pertemuan pada tanggal 30 Agustus 2015 menjadi penting untuk direalisasikan. Hal ini akan sangat menunjang kegiatan advokasi SPK yang berkaitan dengan implementasi peraturan serta edaran yang dikeluarkan oleh pemberi lisensi, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dari arah sebaliknya, dengan komunikasi dan koordinasi yang solid antar SPK, Perkumpulan Sekolah SPK Indonesia ini tentu juga akan menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam menyalurkan informasi secara serentak dan merata. Pada bulan Maret 2016, Perkumpulan Sekolah SPK Indonesia secara hukum resmi berdiri. Sebagai tindak lanjut dari berdirinya Perkumpulan Sekolah SPK Indonesia secara resmi maka diselenggarakanlah Konvensi Nasional Sekolah SPK II di ACS Jakarta yang diselenggarakan pada tanggal 19-20 Januari 2017 yang memiliki agenda penting yaitu memilih kepengurusan perkumpulan secara resmi yang pertama kali yang akan menjadi perwakilan bagi seluruh sekolah-sekolah SPK di Indonesia yang telah menjadi anggota. Pada tanggal 19 Januari 2017 Pengurus Perkumpulan Sekolah SPK Indonesia untuk periode 2017-2020 telah resmi terbentuk dan pada tanggal 20 Januari 2017 telah dikukuhkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhamad, M.Sc., Ph.D.

Perkumpulan Sekolah SPK Indonesia ini diharapkan menjadi wadah untuk para pemimpin, kepala sekolah, yayasan pengelola sekolah SPK untuk berkumpul, mengeluarkan ide, mengembangkan kompetensi serta memberikan kontribusi bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. Perkumpulan Sekolah SPK Indonesia ini juga diharapkan menjadi mitra Pemerintah dalam menjembatani sekolah-sekolah SPK Indonesia dalam penerapan kebijakan yang berhubungan dengan pendidikan di Indonesia. Semoga keberadaan Perkumpulan Sekolah SPK Indonesia ini bisa mewadahi berbagai kepentingan yang ada dalam penerapan kebijakan di dunia pendidikan dan juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia.

Salam pendidikan!

Haifa Segeir, SH, M.Kn
Ketua Pengurus Perkumpulan Sekolah SPK Indonesia
(periode 2017-2020)