+62 812-9617-7144 admin@spkindonesia.org

Beberapa hari setelah dikukuhkan oleh Dirjen Dikdasmen Bp. Hamid Muhammad, Perkumpulan Sekolah SPK Indonesia diwakili oleh 4 anggota pengurusnya segera melaksanakan tugasnya dengan datang berkunjung ke Badan Akreditasi Nasional PAUD dan Pendidikan Non Formal (BAN PAUD PNF) pada hari Rabu, 25 Januari 2017 yang bertempat di kantor BAN PAUD PNF di daerah Fatmawati, Jakarta Selatan. Dalam kesempatan ini Perkumpulan Sekolah SPK Indonesia diberikan kesempatan untuk memperkenalkan perkumpulan ini dan juga berdialog dengan Ketua BAN PAUD PNF Dr. Ing. Ir. Boedi Darma Sidi, MSA dan Ketua HIMPAUDI Prof. Netti Herawati.  Topik yang menjadi bahan diskusi kami tidak lain adalah mengenai Akreditasi SPK PAUD yang diperlukan untuk pengurusan perpanjangan izin SPK.

Dari hasil diskusi, BAN PAUD PNF memberikan tanggapan sebagai berikut: Adanya penundaan proses Akreditasi, dikarenakan wacana revisi Permendikbud No. 31 Tahun 2014. Namun dengan melihat kebutuhan yang ada di lapangan, maka BAN PAUD tetap akan melanjutkan proses akreditasi  ini di Th. 2017. Saat ini, BAN sedang menunggu persetujuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait anggaran. Intrumen Akreditasi SPK PAUD telah sedia dan siap untuk ditugaskan kepada Badan Akreditasi Provinsi. BAP akan menjadi kepanjangan tangan BAN untuk melakukan Akreditasi. Disampaikan juga bahwa dari sekitar 100 SPK PAUD yang ada di Indonesia, sampai saat ini baru 29 SPK yang mengajukan form akreditasi.

Perkumpulan Sekolah SPK Indonesia diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan dari BAN PAUD PNF untuk memberikan sosialisasi terkait akreditasi dan juga penyelenggaraan bimbingan teknis serta pengembangan PAUD di Indonesia dengan bekerja sama dengan BAN PAUD PNF ataupun HIMPAUDI.